Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DITINJAU DARI SIKAP BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata Kunci: Keefektifan Model Pembelajaran Pair Check , Sikap Siswa, Prestasi Belajar Matematika.
Dalam proses pembelajaran matematika diperlukan model pembelajaran yang tidak membosankan dan membuat peserta didik lebih aktif, maka dari itu penelitian ini dilakukan agar meningkatkan hasil prestasi belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan : (1) apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Pair Check dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Dukuhturi tahun pelajaran 2013/2014, (2) Apakah Model pembelajaran Pair Check lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari sikap tinggi terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Dukuhturi, (3) Apakah model pembelajaran konvensional lebih efektif daripada model pembelajaran Pair Check ditinjau dari sikap rendah terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Dukuhturi.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 2 Dukuhturi Tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 101 yang terdiri dari 3 kelas. Variabel bebas dalam penelitian adalah model pembelajaran Pair Check dan konvensional dengan sikap belajar matematika, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan angket. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Dalam tes prestasi belajar matematika bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal yang diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalur yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian yaitu (1) Ada Perbedaan Prestasi Belajar Matematika yang menggunakan Model Pembelajaran Pair Check dengan Model Pembelajaran Konvensional, (2) Model pembelajaran Pair Check lebih efektif daripada Model Pembelajaran Konvensional ditinjau dari sikap tinggi terhadap Prestasi Belajar Matematika kelas VII SMP Negeri 2 Dukuhturi (3) Model pembelajaran konvensional lebih efektif daripada Model Pembelajaran Pair Check ditinjau dari sikap rendah terhadap Prestasi Belajar Matematika kelas VII SMP Negeri 2 Dukuhturi.
17105001330 | CIT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain