Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri se-Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Pengaruh, Kemampuan Numerik , Intensitas Belajar , Prestasi Belajar
Faktor - faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kemampuan numerik intensitas belajar dan sebagainya .Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan baik keluarga maupun masyarakat ,guru dan sebagainya. Kemampuan numerik merupakan kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan konsep – konsep bilangan , mengoperasikan dan menghitung secara cepat dan tepat . Intensitas merupakan salah satu sifat yang berasal dari faktor internal yang sangat mendorong peserta didik agar dalam pembelajaran tercapai dengan seutuhnya.Penelitian ini bertujuan untuk : membuktikan ada atau tidak pengaruh positif (1) Kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika.(2) intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika .(3) kemampuan numerik dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika
Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes yang terdiri dari 2 sekolah dengan jumlah peserta didik 524 peserta didik yang terbagi dalam 15 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 6 kelas dengan jumlah keseluruhan sampel 209 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kemampuan numerik memiliki pengaruh sebesar 45,56 % terhadap prestasi belajar matematika. (2) Intensitas belajar memiliki pengaruh sebesar 55,45 % terhadap prestasi belajar matematika. (3) Kemampuan numerik dan Intensitas belajar memiliki pengaruh sebesar 63,72 % terhadap prestasi belajar matematika. (4) Peserta didik yang memiliki prestasi belajar matematika yang baik akan berpengaruh ke semua faktor yaitu internal dan eksternal
17085012760 | SHA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain