Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 4 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Course Review Horay, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan prestasi belajar matematika pada materi pokok transformasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester 2 di SMP Negeri 4 Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 345 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih 4 kelas sebagai kelas eksperimen, dengan jumlah responden 153 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dan dilanjutkan dengan uji T2-hotteling.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan CRH memperoleh prestasi yang lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapat pembelajaran konvensional. Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH pada materi pokok transformasi peserta didik kelas VII semester 2 SMPN 4 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan prestasi belajar matematika. Model pembelajaran kooperatif tipe CRH dapat mengembangkan kreatifitas dan kerjasama dalam kelompok dan saling membantu antar kelompok, sehingga peserta didik dapat memahami materi atau konsep yang diajarkan dengan lebih baik.
17105000100 | AMA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain