Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 01 Talang Tahun Pelajaran 2013/2014 untuk Pokok Bahasan Transformasi)
Kata Kunci : Keefektifan, Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar.
Prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran, dimana media pembelajaran yang digunakan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : (1) Apakahada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan media berbasis komputer dan tanpa media, (2)Apakahprestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan media komputer lebih efektif dibanding tanpa komputer, demikian pula pada: (3)Siswa yang memiliki motivasi tinggi, (4)Siswa yang memiliki motivasi sedang, dan (5)Siswa yang memiliki motivasi rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 01 Talang Tahun Pelajaran 2013/2014, sebanyak 286 siswa terbagi dalam 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, kemudian dilakukan uji kesetaraan sampel menggunakan anava satu arah. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dengan terlebih dahulu data diuji prasyarat menggunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data. Untuk membandingkan antar sempel pada hipotesis 3,4,dan 5 menggunakan koefisien variansi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan media komputer dan tanpa media komputer, (2)Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan media komputer lebih efektif dibanding tanpa media komputer, demikian pula pada: (3)Siswa yang memiliki motivasi tinggi, (4)Siswa yang memiliki motivasi sedang, dan (5)Siswa yang memiliki motivasi rendah.
17105000760 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain