Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK TRANSFORMASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 TalangTahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : keefektifan, model pembelajaran small group discussion, prestasi belajar matematika, kemampuan awal
Penelitian ini bertujuan : (1)apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran small group discussion dengan menggunakan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal peserta didik. (2)apakah prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran small group discussion lebih baik dari yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi. (3)apakah prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran small group discussion lebih baik dari yang diajar menggunakan pembelajaran konvensionalpada peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Talang tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 284 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes.Data dianalisis dengan menggunakan anava dua jalan dan uji t pihak kanan yang telah memenuhi uji prasyarat yaitu normalitas dengan uji Lilliefors dan homogenitas dengan uji Bartlett.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didikyang diajar menggunakan model pembelajaran small group discussion dengan menggunakan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal peserta didik. (2)prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran small group discussionlebih baik dari yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi. (3)prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran small group discussiontidak lebih baik atau sama dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didikyang mempunyai kemampuan awal rendah.
17105001190 | UMI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain