Skripsi
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT DENGAN STRATEGI THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Eksperimentasi model pembelajaran CMP dengan strategi TPS, prestasi belajar.
Pelajaran matematika dalam dunia pendidikan merupakan salah satu bidang studi yang mempunyai peran yang penting. Model pembelajaran yang efektif diperlukan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran CMP dengan strategi TPS lebih baik dibanding dengan ekspositori terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII semester II SMP N 3 Pemalang tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 322 peserta didik yang terbagi dalam 10 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C dan VIII H sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII D dan VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dengan 30 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t-test pihak kanan untuk hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran CMP dengan strategi TPS lebih baik dibanding dengan ekspositori terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok.
17105000290 | DYA e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain