Skripsi
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN SAVIDAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs. Mathla’ul Anwar Pemalang pada Materi Bangun Ruang Pokok Bahasan Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2013/2014 )
Kata kunci : keefektifan, Perbandingan, SAVI, Example Non Example, Prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SAVI dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Example Non Example. 2) Manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran SAVI dengan model pembelajaran Example Non Example terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap MTs Mathla’ul Anwar Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 197 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 114 siswa terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas VIII A (kelas eksperimen 1) menggunakan model pembelajaran SAVI sebanyak 37 siswa, kelas VIII B (kelas eksperimen 2) menggunakan model pembelajaran Example Non Example sebanyak 38 siswa, dan kelas VIII C (kelas uji coba instrumen) sebanyak 39 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t 2 pihak dan uji-t pihak kanan, sebelumya data diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil analisis data dalam penelitian ini adalah 1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SAVI dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Example NonExample. 2) Model pembelajaran SAVIlebih efektif digunakan daripada model pembelajaran Example Non Example terhadap prestasi belajar matematika siswa.
17105000850 | PUR s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain