Skripsi
PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN KECEMASAN AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Suatu Penelitian yang dilakukan terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Pengaruh, Interaksi Edukatif, Kecemasan Akademik, Prestasi Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah interaksi edukatif dan kecemasan akademik mempengaruhi prestasi belajar matematika 2) Untuk mengetahui apakah interaksi edukatif mempengaruhi prestasi belajar matematika 3) Untuk mengetahui apakah kecemasan akademik mempengaruhi prestasi belajar matematika
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap SMP Negeri se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 yang telah menggunakan kurikulum 2013 sebanyak 1358 siswa yang terbagi dalam 6 sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini terambil sebanyak 276 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Interaksi edukatif mempengaruhi prestasi belajar matematika. 2) Kecemasan akademik mempengaruhi prestasi belajar matematika. 3) Interaksi edukatif dan kecemasan akademik mempengaruhi prestasi belajar matematika pada kelas VII semester genap SMP Negeri se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. 4) Interaksi edukatif berpengaruh yang sangat kecil terhadap prestasi belajar matematika, maka interaksi edukatif yang terjadi dilingkungan sekolah harus ditingkatkan lagi agar mempunyai pengaruh yang lebih besar.
17105001460 | MOH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain