Skripsi
PENGARUH TINGKAT RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KABUPATEN KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Percaya Diri, Prestasi Belajar
Rasa percaya diri berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Permasalahan utamanya adalah bagaimana pengaruh tingkat rasa percaya diri terhadap prestasi belajar peserta didi kelas VIII A SMP Negeri 2 Kabupaten Kuningan ? Dan Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Tingkat Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kabupaten Kuningan.
Populasi yang telah ditetapkan berjumlah 36 peserta didik yang memiliki karakteristik yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Korelasi Spearman-Brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis Korelasi Product Moment.
Hasil uji coba try out untuk variabel X diperoleh 24 item dinyatakan valid dan variabel Y diperoleh 24 item dinyatakan valid dengan rtabel (0,329) Taraf Signifikan (TS 5%). Variabel X dinyatakan reliabel dengan hasil 0,872 dan variabel Y dinyatakan reliabel dengan hasil 0,774. Dari hasil perhitungan analisis data diperoleh rhitung > rtabel atau (0,704) > rtabel (0,329) (TS 5%), ini berarti Hipotesis Kerja (Ha) yang berbunyi Terdapat Pengaruh Tingkat Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2013/2014 dinyatakan diterima, sebaliknya Hipotesis Nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak ada Pengaruh Tingkat Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2013/2014 dinyatakan ditolak. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pengaruh Tingkat Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar sebesar 49,56 % dan 50,44% ditentukan oleh faktor lain.
Disarankan bagi pihak sekolah untuk medesain program untuk penanaman rasa percaya diri pada peserta didik dalam meningkatkan mutu prestasi belajar peserta didik. Bagi guru BK yaitu hendaknya dapat mengaplikasikan bentuk layanan bimbingan dan konseling secara tepat untuk membentuk dan meningkatkan Rasa percaya diri peserta didik. Bagi peserta didik agar lebih memperhatikan pelaksanaan layanan konseling tentang rasa percaya diri untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
11125002180 | SUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain