Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN MASUK SEKOLAH DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Disiplin Masuk Sekolah, Bimbingan Kelompok
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah: 1) bentuk permasalahan disiplin masuk sekolah peserta didik?. 2) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok?. 3) layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin masuk sekolah pada peserta didik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bentuk permasalahan disiplin masuk sekolah peserta didik. 2) layanan bimbingan kelompok pada peserta didik. 3) upaya meningkatkan disiplin masuk sekolah peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Pendekatan penelitian bersifat kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 6 peserta didik yang mengalami permasalahan kedisiplinan masuk sekolah. Prosedur sampling menggunakan purposif sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data penyajian data, penarikan kesimpulan dan tringgulasi.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa keenam peserta didik memiliki terdapat kemanjua yang signifikan karena keenam peserta didik dapat mengasi permasalahan masing-masing. Keenam peserta didik tersebut adalah terkait dengan dampak dari permasalahan pelanggaran terhadap disiplin masuk sekolah, dari keenam peserta didik tersebut dapat diidentifikasi yaitu sering membolos, sering tidak masuk sekolah, dan terlambat masuk sekolah. Upaya penanganan permasalahaan kedisiplinan dengan layanan bimbingan kelompok dengan tiga tahap yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan dan tahap kegiatan. Pengembangan kedisiplinan yang dilakukan meliputi perencanaan yaitu membuat aturan dan prosedur dan menentukan konsekuensi untuk aturan yang dilanggar. Mengajar peserta didik bagaimana mengikuti aturan. Mencegah masalah dari semua kejadian. Hal ini menuntut guru untuk dapat mempertahankan disiplin dan komunikasi yang baik. Dan merespon secara tepat dan konstruktif ketika masalah timbul.
Hasil layanan bimbingan kelompok yang dapat merubah perilaku peserta didik dalam mengatasi kedisiplinan masuk sekolah, diharapkan guru pembimbing dapat melanjutkan layanan bimbingan kelompok guna perkembangan dan pemeliharaan agar peserta didik tidak mengalami kasus kedisiplinan masuk. Dan peserta didik dapat memanfaatkan bimbingan kelompok dalam mengatasi permasalahan kedisiplinan masuk sekolah untuk diselesaikan dengan baik.
11105001670 | ADH u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain