Skripsi
EFEKTIFITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII YANG TERLAMBAT MASUK KELAS DI SMP ISLAM AL KHORIYAH PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan kelompok, dan terlambat masuk kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Banyak peserta didik yang sering terlambat masuk kelas, ketika pelajaran sudah berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan bimbingan kelompok pada peserta didik; 2) Tingkat terlambat masuk kelas peserta didik sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok; dan 3) Keefektifan pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengurangi terlambat masuk kelas pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi penelitian sejumlah 117 peserta didik, sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu peserta didik yang sering terlambat masuk kelas sebanyak 20 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji menggunakan uji validitas korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis statistik Uji-t dengan pre-test dan post-test one group design.
Hasil analisis variabel pelaksanaan bimbingan kelompok (X) dalam kategori cukup (40%) ditandai dengan peserta didik kebanyakan aktif dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dengan respon biasa-biasa saja. Sedangkan hasil analisis deskriptif variabel tingkat terlambat masuk kelas peserta didik (Y) sebelum pelaksanaan bimbingan kelompok (pre-test) dalam kategori tinggi (45%) ditandai dengan peserta didik setiap hari selalu terlambat masuk kelas tetapi hanya dalam pelajaran-pelajaran tertentu dan tingkat terlambat masuk kelas peserta didik setelah pelaksanaan bimbingan kelompok dalam kategori rendah (35%) ditandai dengan peserta didik hampir tidak pernah terlambat masuk kelas setelah mengikuti pelaksanaan bimbingan kelompok. Hasil analsis Uji-t, diperoleh thitung = 5,931 dan ttabel dengan (dk) 20-1 = 19, taraf signifikansi 5% didapat ttabel = 2,093, berarti thitung > ttabel (5,931 > 2,093). Dengan demikian pelaksanaan bimbingan kelompok efektif dalam mengurangi terlambat masuk kelas pada peserta didik kelas VIII di SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan bimbingan kelompok agar peserta didik lebih antusias dalam mengikuti layanan untuk mencegah dan mengatasi masalah peserta didik terutama dalam hal ini adalah masalah terlambat masuk kelas pada peserta didik.
11095011770 | RUD e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain