Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM MEMBUAT KARTU KELUARGA (KK) DAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) DI KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG
Nama : Arif Fajarudin NPM : 2110500014 Judul : Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Membuat Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Pendududuk (KTP) di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauhmana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam membuat KK dan KTP di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah :
1. Ingin mengetahui kualitas pelayanan pembuatan KK dan KTP di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang;
2. Ingin mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pembuatan KK dan KTP di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang;
3. Ingin mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam membuat KK dan KTP di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian yang bersifat asosiatif (hubungan) maksudnya bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang siginifikan (positif) antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam membuat KK dan KTP di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data yang dipergunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat korelatif (hubungan), yang dilengkapi dengan uji pengaruh yaitu untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam membuat KK dan KTP di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.
Temuan dari penelitian ini adalah korelasi product moment 0,7577 dengan uji signifikan 10,501 dan diketahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam membuat KK dan KTP sebesar 60,17% dan pengaruh diluar kualitas pelayanan adalah 39,83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (positif) kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam membuat KK dan KTP. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, atau dengan kata lain bahwa variabel X (kualitas pelayanan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Varibel Y (kepuasan masyarakat dalam membuat KK dan KTP).
Saran untuk penelitian ini agar kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Watukumpul untuk lebih ditingkatkan lagi agar masyakat dalam membuat KK dan KTP merasa lebih aman dan nyaman, dengan demikian kepuasan masyarakat akan terpenuhi.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat.
21105000140 | ARI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain