Skripsi
PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI KECAMATAN SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN
Pokok permasalahan penelitian ini adalah “Bagaimanakah persepsi masyarakat dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan?” Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan.
Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori baik. Hal ini diwujudkan dari Program JKN bertujuan mewujudkan tingkat kesehatan yang tinggi pada masyarakat miskin.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam implementasinya tujuan pelayanan belum dapat tercapai secara maksimal, dikarenakan profesionalisme dan sumberdaya manusia yang ada belum sesuai dengan yang diharapkan. Akibatnya sering terjadi keterlambatan dalam pelayanan dan cenderung berbelit - belit dalam pelayanan administrasi. Jenis pelayanan JKN meliputi pelayanan rawat jalan dan rawat inap. Puskesmas bisa memberikan rujukan kepada pasien jika kondisi pasien tidak memungkinkan untuk dirawat di rumah sakit. Pelayanan JKN masih perlu ditingkatkan lagi, diantaranya a) sikap masyarakat yaitu sikap masyarakat yang menilai kurang baik terhadap nilai pelayanan pegawai;b) Sikap Pegawai, diantaranya kurang ramah, kurang sungguh – sungguh, dan kurang terampil dalam melayani kebutuhan pasien. Sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan program JKN di Puskesmas Siwalan Kecamatan Siwalan kurang memadai. Ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Kondisi tersebut merupakan salah satu faktor pelaksanaan program JKN di Puskesmas Siwalan Kecamatan Siwalan belum dapat berjalan secara maksimal.
Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah 1) Kepada Pemerintah, agar memenuhi sarana dan prasarana untuk menyukseskan dalam pelayanan JKN; 2) Kepada Puskesmas untuk selalu membantu membina pada pegawai agar lebih bertanggung jawab apa yang menjadi tanggung jawabnya dengan memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang JKN dengan segala aspeknya; 3) Bagi masyarakat, hendaknya ikut berpartisipasi dengan menjadi anggota JKN, agar kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan yang pada akhirnya kesehatan secara nasional dapat terjamin.
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
21105000370 | MAU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain