Skripsi
PENGARUH PERILAKU PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JAMKESMAS DI PUSKESMAS MARGASARI KABUPATEN TEGAL
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: Seberapa besar pengaruh perilaku pegawai terhadap kepuasan pengguna jamkesmas di puskesmas margasari Kabupaten Tegal?
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui:
1. Perilaku pegawai puskesmas Margasari Kabupaten Tegal.
2. Tingkat kepuasan pengguna Jamkesmas di Puskesmas Margasari Kabupaten Tegal.
3. Pengaruh perilaku pegawai terhadap kepuasan pengguna jamkesmas di puskesmas margasari Kabupaten Tegal.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksplanator yang bersifat korelasi menjelaskan pengaruh antara variabel yang satu dengan variabel yang lain, yaitu perilaku pegawai (X) dan kepuasan pengguna jamkesmas (Y) serta menguji hipotesa yang telah dirumuskan.
Teknik analisis data dalam penelitian ini yang berangkat dari data kuantitatif, maka teknik yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis statistik regresi dengan tujuan memberikan interprestasi data atau menarik kesimpulan dari data yang telah dikumpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan perilaku pegawai sudah baik, dibuktikan dari hasil analisis deskriptif variabel X, secara berturut-turut dalam kategori cukup baik 12,66% dan baik 87,34%. Mean sebesar 58,63 terletak pada interval 55-67 kategori baik. Sedangkan tingkat kepuasan pengguna Jamkesmas dalam kategori puas, dibuktikan dari hasil analisis deskriptif variabel Y secara berturut-turut dalam kategori cukup puas 6,33%, puas 87,34% dan sangat puas 6,33%. Mean sebesar 61.44 terletak pada interval 55-67 kategori puas. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh R = 0,444 dan koefisiensi ini bertanda positif. Uji Statistik F diperoleh nilai F = 18.904 dalam signifikansi 0.000 < 0.05 maka dapat dikatakan X berpengaruh secara simultan terhadap Y. Besarnya nilai uji t = 4,936 dengan p value = 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa model regresi tersebut signifikan pada taraf signifikan 5%. Bentuk persamaan regersi Y = 32,697 + 0,490X menunjukkan bahwa jika perilaku pegawai meningkat sebesar 1 poin maka kepuasan pengguna jamkesmas juga meningkat sebesar 0,490 poin dengan konstanta 32,697. Kemudian besarnya pengaruh perilaku pegawai terhadap kepuasan pengguna jamkesmas adalah 19,7% sisanya sebesar 80,3% ditentukan oleh sebab lain diluar model regresi tersebut.
Saran yang dapat disampaikan guna meningkatkan kepuasan pasien diharapkan adanya peningkatan kinerja yang lebih optimal, berdaya guna dan berhasil guna dalam bekerja sehingga mampu menciptakan citra baik dan positif terhadap pandangan masyarakat terhadap pelayanan yang dilaksanakan.
Kata Kunci : Perilaku Pegawai, Kepuasan Pengguna Jamkesmas, Puskesmas.
21095013740 | ERN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain