Skripsi
OPTIMALISASI DAYA PADA MOTOR VEGA R 110,3 CC DARI PERUBAHAN PROFIL PADA PISTON
Modifikasi bidang otomotif akhir – akhir ini mengalami perkembangan sangat pesat dan beragam, hampir semua sistem dalam teknologi mengalami sentuhan modifikasi. Modifikasi dilakakukan bertujuan untuk mendapatkan unjuk kerja yang lebih baik dari sebuah sistem kerja otomotif, dilakukan dengan sistem kerja yang standard, merubah spesifikasi komponen tambahan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui performa sepeda motor hasil modifikasi dari profil pada permukaan piston dan membandingkan daya pada sepeda motor tipe Yamaha Vega R 110 cc dengan menggunakan piston standard profil dari pabrik standar In 1,23 mm Out 0,47 mm dengan piston modifikasi profil In 1,71 mm Out 1,33 mm dan profil In 2,47 mm Out 1,92 mm.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Performa sepeda motor Yamaha Vega R 110 cc dari hasil modifikas piston yaitu Performa pada sepeda motor Vega R 110,3 cc dari hasil modifikasi pada piston yaitu terjadinya perubahan profil in 2,47 out 1,92 mm dari standar ( in 1,23 mm out 0,47 mm) menghasilkan daya yang maksimal dan meningkat. Besar peningkatan daya (power) mesin pada motor Vega R 110,3 cc piston standar memiliki daya maksimum 6,9 Hp setelah diganti piston dengan profil in 1,71 mm out 1,33 mm yang memiliki daya maksimum tertinggi sebesar 6,9 Hp pada putaran mesin 5500 RPM dan piston dengan profil in 2,47 out 1,92 mm yang memiliki daya maksimum 8,4 pada putaran mesin 5500 RPM. Pada peningkatan daya setelah diganti menggunakan piston profilan in 1,71 mm out 1,33 mm yaitu selisihnya 0,3 Hp dan profil in 2,47 out 1,92 mm yaitu selisihnya 1,5 Hp.
Kata kunci : Piston, Daya, Dynotest
64105000380 | WIB o C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain