Skripsi
MEKANISME KERJA COMBI BRAKE SYSTEM PADA SEPEDA MOTOR
Tujuan dalam pembuatan laporan tugas akhir ini yang berjudul ” Mekanisme Kerja Combi Brake System Pada Sepeda Motor” yaitu untuk memahami cara merakit sistem Combi Brake System; Untuk memahami fungsi setiap komponen sistem Combi Brake System, Dapat memahami cara kerja dari rem Combi Brake System dibandingkan dengan single brake.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode penelitian yaitu Studi literatur yaitu metode yang dilakukan dengan mengambil data yang diperoleh dari buku-buku penunjang yang tersedia di perpustakaan Universitas pancasakti tegal, Wawancara yaitu Metode yang dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pihak-pihak terkait sesuai dengan kompetensi yang di miliki. Observasi yaitu Metode yang dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap peralatan-peralatan yang terdapat didalam perusahaan serta cara kerja masing-masing peralatan tersebut.
Ketika menekan tuas rem belakang, pengereman combi brake baru akan bekerja. Jika rem depan yang ditarik combi brake tidak akan bekerja. Itu di karenakan pada master rem depan terdapat knocker joint yang tersambung dengan rem belakang tidak bekerja seperti ketika tuas rem belakang ditarik. Combi brake ini, lebih memfokuskan pengereman di roda belakang. Equalizer adalah alat yang menghubungkan antara rem depan dan belakang melalui slink (kabel besi) seperti kabel gas atau kabel rem sepeda yang terletak di hendel rem belakang. Sedangkan di panel rem depan, hanya ada knocker dan knocker joint. Ketika menekan rem depan, konektor tersebut tidak akan bergerak. Tetapi ketika kita menarik rem belakang, maka knocker joint akan menarik knocker di master rem depan. Maka, langkah atau metode ini yang menyebabkan kedua rem bisa berfungsi. Tapi kekuatannya, tidak akan melebihi jika kedua tuas rem ditarik secara bersamaan.
Kata Kunci : Combi Brake, set Cakram, Tromol Belakang
62113000020 | AHM m C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain