Skripsi
EFEKTIFITAS VARIASI PRODUK DALAM PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA KAMIR “IBU NUNING” DI KELURAHAN MULYOHARJO PEMALANG TAHUN 2014 (Studi Kasus pada Usaha Kamir “Ibu Nuning” di Kelurahan Mulyoharjo Pemalang)
Kata Kunci: Variasi Produk, Pemasaran dan Pendapatan Usaha
Variasi produk merupakan suatu keragaman produk yang ditawarkan, baik dari aspek model, kualitas, ukuran, warna dan spesifikasi lainnya. Variasi produk merupakan salah satu strategi dalam pemasaran yang menekankan pada keragaman produk yang ditawarkan. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah variasi produk dalam pemasaran efektif untuk meningkatkan pendapatan Usaha Kamir “Ibu Nuning” di Kelurahan Mulyoharjo Pemalang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan variasi produk dalam pemasaran guna meningkatkan pendapatan Usaha Kamir “Ibu Nuning”.
Populasi pada penelitian ini yaitu produk kamir pada Usaha Kamir “Ibu Nuning” di Kelurahan Mulyoharjo Pemalang. Penelitian ini merupakan studi kasus pada satu kelompok sampel kamir sebelum dan sesudah menggunakan variasi produk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil penjualan kamir selama dua minggu yang terdiri dari minggu pertama kamir nonvariasi produk dan minggu kedua kamir dengan variasi produk. Data hasil penjualan dianalisis menggunakan statistik Wilcoxon Match Pairs Test dengan taraf kesalahan 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan tabel penolong menunjukan nilai jenjang terkecil pada tanda (+) sebesar 5,5 dan nilai jenjang terbesar pada tanda (-) sebesar 22,5. Berdasarkan ttabel dengan N=7 dan taraf kesalahan 5% diketahui ttabel = 2. Dengan demikian maka nilai jenjang terkecil (t) > ttabel yaitu 5,5 > 2, Maka hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Jadi Penerapan variasi produk dalam pemasaran tidak efektif untuk meningkatkan pendapatan pada Usaha Kamir “Ibu Nuning” di Kelurahan Mulyoharjo Pemalang.
Jadi dapat disimpulkan variasi produk dalam pemasaran tidak efektif dalam meningkatkan pendapatan pada Usaha Kamir “Ibu Nuning” di Kelurahan Mulyoharjo Pemalang.
13105000150 | DEN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain