Skripsi
STUDI DESKRIPTIF UPAYA GURU TERSERTIFIKASI DALAM USAHA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Guru Tersertifikasi di SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci: Deskriptif, guru tersertifikasi, prestasi belajar.
Pekerjaan guru tidak dapat dilaksanakan oleh sembarang orang, untuk menjadi guru diperlukan syarat-syarat khusus dan berpredikat profesional. Adanya sertifikasi dilakukan agar standarisasi mutu pendidik dan profesionalisme guru meningkat sehingga prestasi belajar juga dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pandangan guru di SMA Negeri 1 Bulakamba-Brebes mengenai adanya program sertifikasi, upaya apa saja yang dilakukan guru tersertifikasi dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa dan faktor penghambatnya pada siswa SMA Negeri 1 Bulakamba-Brebes tahun pelajaran 2014/2015.
Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 yang telah tersertifikasi sebanyak 34 guru. Teknik sampling digunakan teknik snow-ball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, rekaman arsip, wawancara, observasi (pengamatan langsung) dan observasi partisipan. Teknik analisis data melalui empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan/verifikasi data dengan pembuktian induktif yaitu bentuk pembuktian yang membuat generalisasi berdasarkan pendapat seseorang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pandangan guru, sertifikasi guru merupakan kebijakan yang sangat strategis, langkah dan tujuan melakukan sertifikasi guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru, memiliki kompetensi, mengangkat harkat dan wibawa guru sehingga guru lebih dihargai dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Upaya yang dilakukan guru sertifikasi yaitu: menanamkan rasa disiplin, pengayaan remedial, les tambahan, pengelolaan kelas yang baik, memberi motivasi, memberikan latihan, dan kelompok belajar. Hasil analisis deskriptif angket, upaya guru tersertifikasi dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 86,91% dari yang diharapkan. Faktor penghambat guru tersertifikasi dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu: kurangnya modernisasi alat bantu media pembelajaran dan guru kurang menguasai program komputer.
13105001100 | RAT s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain