Skripsi
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BUSSINES TRAINING CENTER SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas XI Akuntansi Semester Gasal SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015)
Pembimbing I Dr. Basukiyatno, M.Pd; Pembimbing II A. Rony Yulianto, M.Pd
Kata Kunci: bauran pemasaran, kepuasan konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Bussines Training Center Sejahtera di SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun 2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 172 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan prosedur sampling insidental. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari keseluruhan populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi linear sederhana, uji r square, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat pengaruhnya sebesar 24,2%. Kemudian dari hasil uji regresi diperoleh Y=6,36+0,3X. Dari hasil persamaan tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila aktivitas pengembangan Bauran Pemasaran (X) dinaikan sebesar 1% maka akan mempengaruhi tingkat Kepuasan Konsumen (Y) sebesar 0,3%. Hasil uji t menunjukan thitung > ttabel yaitu 3,689 > 1,681 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga hipotetis yang menyatakan “Bauran Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Bussines Center Sejahtera di SMK PGRI 2 Taman Pemalang 2014” diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi pihak sekolah dalam hal ini pengelola Bussines Center, hendaknya melakukan evaluasi terhadap penerapan strategi bauran pemasaran setiap periode. Hal ini dikarenakan apabila strategi yang diterapkan tidak berjalan dengan baik maka akan mempengaruhi kepuasan konsumen yang berbelanja di Bussines Center. Selain itu seharusnya Bussines Center menyediakan kotak saran atau keluhan konsumen, yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk menyampaikan keluhannya berkaitan dengan kepuasan yang mereka rasakan. Bagi siswa yang dalam hal ini sebagai konsumen, hendaknya menyampaikan saran atau keluhan yang mereka rasakan berkaitan dengan kepuasan berbelanja di Bussines Center. Tujuannya agar pihak pengelola Bussines Center mengetahui permasalahan yang kaitannya dengan kepuasan konsumen, sehingga dapat dijadikan rujukan perbaikan pelayanan dan penerapan bauran pemasaran yang tepat.
13105000750 | SEK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain