Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 )
Kata Kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran Konstekstual (CTL), Model pembelajaran Koopeeeratif Think Pair Share (TPS), Prestasi Belajar Matematika.
Model pembelajaran Konstekstual merupakan usaha membuat siswa aktif dalam memompa kemampuan diri tanpa merugi dari segi manfaat, sebab siswa berusaha mempelajari konsep sekaligus menerapkan dan mengaitkannya dengan dunia nyata. Sedangkan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang mengelompokkan siswa secara berpasangan jadi memberikan siswa waktu berfikir yang lebih banyak untuk merespon dan saling membantu. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar matematika antara model pembelajaran konstekstual (CTL), model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) serta model pembelajaran konvensional. 2) Mendeskripsikan manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran konstekstual (CTL), model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dan model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 319 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VII B sebagai kelas uji coba, kelas VII C sebagai kelas kontrol, serta kelas VII G dan VII H sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava satu arah dilanjutkan dengan uji Benferoni.
Hasil penelitian pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 3 Pemalang diperoleh: 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran konstekstual (CTL), model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) serta model pembelajaran konvensional, 2) Prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran konstekstual (CTL) dan model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) lebih baik dengan model pembelajaran konvensional.
17105000340 | ERI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain