Skripsi
PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata kunci : Pengaruh, kemandirian belajar, minat belajar dan prestasi belajar matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan : 1) ada atau tidak pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar matematika, 2) ada atau tidak pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, 3) ada atau tidak pengaruh kemandirian dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VII SMP Negeri Se-kecamatan Balapulang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri Se-Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 608 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas dari setiap sekolah yaitu kelas VII F dan VII E SMP N 1 Balapulang, kelas VII C dan VII D SMP N 2 Balapulang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 96,7%; 2) ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 95%; 3) ada pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 9,9%.
17105000920 | REZ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain