Skripsi
PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Deskriptif Survey Pada Peserta Didik Kelas XI Semester II SMA Swasta se- Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar
Keterbatasan pengetahuan guru dalam penyampaian materi baik dalam hal metode ataupun penunjang pokok pembelajaran lainnya akan berpengaruh terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, pemerintah mengadakan program sertifikasi keguruan dengan mensyaratkan pengajar memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1 sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap pencapaian prestasi belajar matematika pada peserta didik Kelas XI Semester II SMA Swasta se- Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester II SMA Swasta se- Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/ 2014 sebanyak 349 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil 20% dari populasi yaitu 20%x349 = 69,8 dibulatkan menjadi 70 peserta didik. Dari 70 peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok eksperimen dan kontrol, sehingga sampel penelitian ini adalah 35 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan profesionalisme guru terhadap pencapaian prestasi belajar matematika. Dari hasil analisis uji t pada sampel eksperimen dan kontrol dihasilkan perbedaan yang sangat signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan rata-rata skor yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Yaitu diperoleh nilai thitung sebesar 5,912 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5 % atau (=5%) dengan derajat kebebasan n-1 atau 35 – 1 = 34 dimana diperoleh ttabel = 2,042, ternyata thitung > ttabel . Dari hasil tersebut maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan “Terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap pencapaian prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas XI semester II SMA Swasta se- Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/ 2014”.
Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini bagi guru matematika yang belum sertifikasi hendaknya berusaha meningkatkan kemampuan dengan aktif mengikuti kegiatan MGMP Matematika atau mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan.
17105001400 | FAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain