Skripsi
PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri se-Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci : Pengaruh, Interaksi Edukatif, Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar.
Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika adalah interaksi edukatif. Interaksi edukatif dikatakan terjadi oleh beberapa tanda-tanda, salah satunya adalah ditandai dengan adanya aktifitas siswa dan sebagai guru sebagai pembimbing. Dalam aktifitas didalam kelas guru sebagai moderator, serta menghidupkan dan memberikan motivasi agar terjadi motivasi agar terjadi proses interaksi yang kondusif sehingga muncul persepsi positif siswa tentang metode mengajar guru. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh interaksi edukatif dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri se-Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 540 siswa yang terbagi dalam 3 sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini terambil sebanyak 212 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif terhadap prestasi belajar matematika, dengan pengaruhnya sebesar 2,67%. Kemudian diketahui ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan pengaruh sebesar 2,79%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang signifikan sebesar 4,90 % antara interaksi edukatif dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika.
17105000650 | MUH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain