Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PEER TEACHING TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN (Suatu Penelitian Eksperimen pada KelasVII Semester I SMPNegeri 04 Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Keefektifan, Metode Peer Teaching, Prestasi, Motivasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah (1) ada perbedaan prestasi dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran Peer Teaching.(2) Pembelajaran Peer Teaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII semester I SMP Negeri 04 Wanasari Brebes tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 289 peserta didik yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII D sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII C dan VII E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan uji manova dan uji T2-Hotelling.
Hasil penelitian ini diperoleh sebagai berikut:(1) Ada perbedaan prestosi dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran Peer Teaching. (2) Pembelajaran Peer Teaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika.
17105001010 | SIT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain