Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PAPAN TULIS INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Ganjil SMP N 1 Talang)
Kata Kunci: Papan tulis interaktif, motivasi belajar, prestasi belajar matematika
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan penggunaan papan tulis interaktif terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester I SMP Negeri 1 Talang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 273 peserta didik. Untuk mengetahui populasi memiliki prestasi yang sama digunakan uji kesetaraaan sampel dengan menggunakan data UTS kelas VIII Semester I. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VIII H sebagai kelas uji coba, kelas VIII I sebagai kelas kontrol dan VIII G sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan papan tulis interaktif, dan kelas kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan papan tulis interaktif. Kelas Uji coba yaitu kelas VIII H digunakan untuk menguji instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan angket motivasi belajar sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas pada kelas Uji coba. Teknik analisis data menggunakan uji Multivariat (one-way Manova) dan uji lanjutan T^2-Hotelling, sebelumnya data diuji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan penggunaan papan tulis interaktif efektif terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.
1710500970 | RUD k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain