Skripsi
KONTRIBUSI KECERDASAN, INTENSITAS BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Deskriptif Korelasional Pada Peserta Didik di MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci :kontribusi, kecerdasan, intensitas belajar, fasilitas belajar, minat, motivasi, prestasi belajar matematika
Kecerdasan merupakan faktor yang berkontribusi besar dalam prestasi belajar. Namun disamping itu juga ada faktor lain yakni intensitas belajar, fasilitas belajar, minat, motivasi dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kontribusi: 1) kecerdasan terhadap prestasi belajar matematika, 2) intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, 3) fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, 4) minat terhadap prestasi belajar matematika, 5) motivasi terhadap prestasi belajar matematika, 6) fasilitas belajar melalui intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, 7) minat terhadap prestasi belajar matematika, 8) motivasi terhadap prestasi belajar matematika, 9) kecerdasan, intensitas belajar, fasilitas belajar, minat dan motivasi terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa semester I MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 903 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sehingga diperoleh sample sebanyak 316 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk kecerdasan prestasi belajar matematika sedangkan untuk variabel intensitas belajar, fasilitas belajar, minat dan motivasi menggunakan angket. Instrumen penelitian telah teruji validitas dan reliabilitasnya yang sebelumnya telah diuji cobakan kepada 60 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau path analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) ada kontribusi kecerdasan secara langsung terhadap prestasi belajar sebesar 96,6%. 2) ada kontribusi intensitas belajar secara langsung terhadap prestasi belajar matematika sebesar 3,2%. 3) tidak ada kontribusi fasilitas secara langsung terhadap prestasi belajar matematika. 4) tidak ada kontribusi minat secara langsung terhadap prestasi belajar matematika. 5) ada kontribusi motivasi secara langsung terhadap prestasi belajar sebesar 5,5%. 6) ada kontribusi fasilitas belajar melalui intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,2336%. 7) ada kontribusi minat melalui intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,6624%. 8) ada kontribusi motivasi melalui intensitas belajat terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,176%. 9) ada kontribusi kecerdasan, intensitas belajar, fasilitas belajar, minat dan motivasi terhadap prestasi belajar matematika sebesar 94,4%.
17105000540 | KHA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain