Skripsi
PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester I SMP Negeri Se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci : Pengaruh Interaksi Sosial, Penyesuaian Diri, Prestasi Belajar Matematika
Dunia pendidikan sekarang matematika masih memiliki berbagai masalah. Dua masalah besar dan penting yaitu pertama, sampai sekarang pelajaran matematika masih dianggap merupakan pelajaran yang menakutkan bagi banyak siswa karena bagi banyak siswa pelajaran matematika terasa sukar dan tidak menarik. Kedua, sekalipun dalam banyak kesempatan sering dikatakan bahwa matematika merupakan ilmu yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi masih banyak orang yang belum bisa merasakan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari mereka. Ada beberapa hal yang mungkin berperan penting dalam keberhasilan belajar matematika diantaranya interaksi sosial dan penyesuaian diri.Dengan demikian penelitian ini bertujuan:(1) untuk menganalisa pengaruh positif dari Interaksi sosial terhadap prestasi belajar matematika. (2) untuk menganalisis pengaruh positif dari penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika. (3) untuk menganalisis pengaruh positif dari Interaksi sosial dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester I SMP Negeri Se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 1780 peserta didik yang terdiri atas tujuh sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan claster random sampling dengan mengambil 15% dari populasi sesuai dengan pendapat Arikunto (2010:112) diperoleh sampel sebanyak 267 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk prestasi belajar matematika dan metode angket untuk variable interaksi social dan penyesuaian diri. Instrumen penelitian telah teruji validitas dan reliabilitasnya yang sebelumnya telah diuji cobakan kepada 140 pesertadidik.Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi social berpengaruh positif sebesar 29,5% terhadap prestasi belajar matematika. Sedangkan penyesuaian diri berpengaruh positif sebesar 19,8% terhadap prestasi belajar matematika. Interaksi social dan penyesuaian diri secara simultan berpengaruh positif sebesar 33,1% terhadap prestasi belajar matematika.
17105000200 | AYU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain