Skripsi
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X ( Studi Deskriptif Kausal Komparatif Pada Pembelajaran Matematika Semester Genap SiswaKelas X SMA Negeri Se-Kecamatan Brebes Tahun Pelajaran 2013 / 2014 )
Kata kunci : Kecerdasan Intelektual, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Matematika.
Kecerdasan merupakan ukuran tingkat kemampuan otak seseorang, dimana semakin tinggi kecerdasan intelektual seseorang maka semakin mudah pula seseorang menyimapan suatu data dalam otak, namun bagaimana jika seseorang yang telah memiliki IQ yang tinggi tetapi kondisi lingkungan sekolahnya kurang memadai atau kurang nyaman. Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui sejauh mana pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar matematika, (2) mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika, (3) mengetahui sejauh mana pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri Se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 995 siswa yang terdiri dari 3 sekolahan dengan 27 kelas pada setiap sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Proporsional. Dengan mengambil 153 responden. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian berupa angket yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji linier ganda, sebelumnya data di uji dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan : (1) kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2013/2014 dengan pengaruh sebesar 96,9%.
(2) lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2013/2014 dengan pengaruh 98,5%. (3) kecerdasan intelektual dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Brebes tahun pelajaran 2013/2014 Kabupaten Brebes dengan pengaruh 60,3%.
17105000180 | AYU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain