Skripsi
KONTRIBUSI KECERDASAN, MINAT BELAJAR, INTENSITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Deskriptif Kausal Komparatif pada Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri Se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Kecerdasan, Minat Belajar, Intensitas Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui besarnya kontribusi kecerdasan siswa terhadap prestasi belajar matematika (2) Untuk mengetahui besarnya kontribusi minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (3)Untuk mengetahui besarnya kontribusi intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (4) Untuk mengetahui besarnya kontribusi perhatian orang tua(5) Untuk mengetahui besarnya kontribusi kecerdasan, minat belajar, intensitas belajar dan perhatian orag tua terhadap prestasi belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhpeserta didik kelas X SMA Negeri se-Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 1008 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak (ClusterRandom Sampling). Sampel dalam penelitian ini diambil 250 peserta didik dan 31 peserta didik sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket. Instrumen pengumpulan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Sebelumnya data diuji dengan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 19,3%. (2) Minat belajar memiliki kontribusi yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 13,1%. (3) Intensitas belajar memiliki kontribusi yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 33,7%. (4) Perhatian orang tua memiliki kontribusi yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 12,8%. (5) Kecerdasan, minat belajar, intensitas belajar dan perhatian orang tua memiliki kontribusi yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 30,16%
17105000190 | AYU k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain