Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Himpunan)
Kata kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Pendekatan Scientific, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah model pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan Scientific lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII semester 1 SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VII H sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas uji coba, kelas VII E sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen I, kelas VII G sebanyak 3 peserta didik sebagai kelas eksperimen II dan VII F sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes dengan jumlah soal sebanyak 18 soal berbentuk objektif yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya telah diuji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Course Review Horay dengan pendekatan Scientific lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika.
17105000070 | AKI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain