Skripsi
STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Eksperimen Peserta Didik Kelas VIII Semester II Materi Bangun Ruang Sisi Datar MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Tipe Jigsaw, Team Quiz, Hasil Belajar
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk membuktikan adanya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran Team Quiz pada Peserta Didik MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang lebih baik antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran Team Quiz pada Peserta Didik MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu membandingkan kelompok tipe Jigsaw dengan kelompok Team Quiz. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II MTs Negeri Ketanggungaan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2013/2014 terdiri atas 408 peserta didik. Besarnya sampel dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yang terdiri dari 42 peserta didik untuk kelas tipe jigsaw dan 42 peserta didik untuk kelas Team Quiz.
Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh penelitian pertama hasil analisis uji t pada sampel tipe Jigsaw dan Team Quiz dihasilkan perbedaan yang sangat signifikansi, nilai thitung sebesar 5,495 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel diperoleh ttabel = 2,021, ternyata thitung > ttabel . demikian dapat disimpulkan “Ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran Team Quiz pada Peserta Didik MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes kelas VIII semester II Tahun Ajaran 2013/2014”. Pengujian hipotesis yang kedua diperoleh analisis uji -t diperoleh nilai thitung sebesar 5,495, 2,021, dan rata-rata dari kelas kelas jigsaw 7,6 sedangkan rata-rata dari kelas kelas Team Quiz sebesar 6,6. Artinya “Model pembelajaran Jigsaw lebih baik dari pada model pembelajaran Team Quiz, pada peserta didik MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes kelas VIII semester II tahun pelajaran 2013/2014”.
17105000700 | MUT s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain