Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas XI Semester I SMA Negeri se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh: 1) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Matematika peserta didik di SMA Negeri se-Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015, 2) minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika peserta didik di SMA Negeri se-Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015, 3) kecerdasan emosional dan minat belajar peserta didik terhadap prestasi belajar Matematika di SMA Negeri se-Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester I SMA Negeri se-Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 1236 peserta didik yang terdiri atas lima sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan taraf signifikansi 5%. Mengacu pada tabel penentuan sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan Issac dan Michael diperoleh sampel sebanyak 270 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk prestasi belajar Matematika, data kecerdasan emosional untuk variabel kecerdasan emosional dan metode angket untuk variabel minat belajar. Instrumen penelitian telah teruji validitas dan reliabilitasnya yang sebelumnya telah diujicobakan kepada 94 peserta didik.Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika degan koefisien determinasi sebesar 0,369 atau 36,9%, 2) Minat Balajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika dengan dengan koefisien determinasi sebesar 0,351 atau 35,1%, 3) Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar secara simultan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Matematika dengan koefisien determinasi sebesar 0,520 atau 52,0%.
17105001500 | RIZ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain