Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Pre-test dan Post-test, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 161 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Quasi Experiment. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 siswa yang diambil hanya satu kelas yaitu kelas VIII D sebanyak 39 siswa sebagai kelompok Pre-test dan 39 siswa sebagai kelompok Post-test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran jigsaw dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk tes statistik yang membandingkan skor rata-rata hasil belajar model Jigsaw dengan menggunakan pre-test dan post-test.
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t diketahui bahwa thitung = 4,044 dan ttabel sebesar = 1,992. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima yang berarti “ penggunaan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPNegeri 1 Ulujami tahun pelajaran 2014/2015”.
13105000120 | AYU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain