Skripsi
EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 6 PETARUKAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Strategi, pembelajaran Artikulasi, Metode Ceramah, Prestasi Belajar,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penerapan strategi pembelajaran Artikulasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 6 Petarukan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Petarukan Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 239 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VII A sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimem dan kelas VII B sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Artikulasi, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk tes statistik yang membandingkan skor rata-rata prestasi belajar antara strategi Artikulasi dengan metode ceramah.
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t diketahui bahwa thitung = 5,682 dan ttabel sebesar = 1,991 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima yang berarti “strategi pembelajaran Artikulasi efektif terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 6 Petarukan tahun pelajaran 2013/2014”.
Saran yang diajukan dalam penelitian ini bagi sekolah diharapkan dapat memberikan arahan kepada guru-guru untuk dapat mengembangkan lagi strategi pembelajaran. Bagi Guru diharapkan dapat menciptakan suasana proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan dan tidak monoton atau membosankan siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Bagi Siswa : Siswa diharapkan meningkatkan kegiatan dalam belajar, misalnya dengan sering berlatih untuk menyampaikan pendapat dan bertanya dalam proses pembelajaran.
13105000200 | EKA e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain