Skripsi
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN COOPERATIVE LEARNING KELAS XI PROGAM IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI PEMALANG
Kata kunci : Model Pembelajaran Konvensional, Cooperative Learning
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajran konvensional dan cooperatif learning kelas XI progam IPS Madrasah Aliyah Negeri Pemalang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran konvensional dan cooperatif learning kelas XI progam IPS Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel yaitu Variabel yang pertama adalah Model Pembelajaran Konvensional sebagai variabel bebas (independent) variabel yang dikenal dengan variabel (X1), variabel kedua adalah cooperative learning sebagai variabel moderator (variabel independent kedua) yang dikenal dengan variable (X2). Sedangkan variable ketiga adalah prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (dependent) yang dikenal dengan variable (Y).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif secara korelasi untuk membandingkan persamaan dan perbedaan 2 atau lebih fakta dan sifat objek yang diteliti dengan teknik pengambilan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Sampel penelitian ini berjumlah 80 siswa yang mewakili semua populasi yaitu seluruh kelas XI progam IPS Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik uji t tes.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa “Ada Perbedaan Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Konvensional dan Cooperatif learning Kelas XI Progam IPS Madrasah Aliyah Negeri Pemalang” diterima. Ini dibuktikan melalui uji t diperoleh thitung 3,069 > ttabel 1,991 dengan taraf signifikan 5% dan db = 78, jadi dapat ditarik kesimpulannya ada perbedaan prestasi belajar dalam mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran konvensioanal dan cooperatif learning kelas XI progam IPS Madrasah Aliyah Negeri Pemalang.
13095006870 | MUH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain