Skripsi
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULUJAMI PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Efektifitas, Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Neger 1 Ulujami Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 249 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive cluster random sampling. sampel dalam penenelitian ini sebanyak 64 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Dalam teknik pengumpulan data penulis memberikan tes kepada siswa yang menjadi sampel dalam penelitian berupa tes hasil belajar IPS pokok bahasan pajak yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, dengan pilihan jawaban yaitu a, b, c, dan d untuk dikerjakan dalam waktu 45 menit. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data didapat thitung 4,054. Dengan derajat kebebasan (dk) = 32 + 32 - 2 = 62, dan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel sebesar 1,999. Maka thitung > ttabel (4,054 > 1,999). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS, pada kelas dengan pembelajaran picture and picture, dan kelas dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang tahun pelajaran 2013/2014, (2) Hasil belajar kelompok dengan model pembelajaran picture and picture lebih efektif dari pada hasil belajar kelompok dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran.
13105000360 | IST e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain