Skripsi
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERCETAKAN CV. MULYA DADI DI PEMALANG TAHUN 2014
Kata Kunci : Kaulitas Produk, Kepuasan Konsumen
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada percetakan CV. Mulya Dadi di Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruan konsumen tetap CV. Mulya Dadi di Pemalang sebanyak 42 Konsumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 konsumen tetap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/ angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, ada pengaruh yang kuat antara kualitas produk terhadap kepuasan kosumen pada percetakan CV. Mulya Dadi di Pemalang. persamaan regresi Y= 13,3 + 0,68X. Regresi tersebut menunjukan bahwa setiap terjadi kenaikan skor kualitas produk maka akan diikuti kenaikan kepuasan konsumen sebesar 0,67. Dari perhitungan diperoleh nilai hasil t hitung sebesar 8,853 dikonsultasikan dengan t tabel dengan N=42 taraf kebebasan d.k=(42-2) dan tingkat kesalahan 5% diketahui t tabel = 2,021. Karena t hitung > t tabel yaitu 8,853 > 2,021 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga hipotetis yang menyatakan “Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Percetakan CV. Mulya Dadi di Pemalang” diterima pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil uji terhadap 42 konsumen CV. Mulya Dadi diperoleh keterangan objektif bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada percetakan CV. Mulya Dadi di Pemalang.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada pihak CV dalam hal pengelola percetakan, hendaknya melakukan evaluasi terhadap penerapan strategi pemasaran setiap periode, pihak konsumen disarankan untuk lebih menyampaikan saran atau keluhan yang berkaitan dengan kepuasan berbelanja di CV. Mulya Dadi. Tujuannya agar pihak pengelola percetakan mengetahui permasalahan yang kaitannya dengan kepuasan konsumen, sehingga dapat dijadikan rujukan perbaikan kualitas produk.
13105001190 | YUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain