Skripsi
EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA N 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Metode Resitasi dan Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran Resitasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 152 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X IIS 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Resitasi dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk tes statistik yang membandingkan skor rata-rata prestasi belajar antara metode Resitasi dengan metode lainnya (konvensional).
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t diketahui bahwa thitung = 5,255 dan ttabel sebesar = 2,002. Sehinggah hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima yang berarti “metode pembelajaran resitasi efektif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015”.
Saran yang diajukan dalam penelitian ini bagi sekolah diharapkan dapat memberikan arahan kepada guru-guru untuk dapat mengembangkan lagi metode pembelajaran. Bagi Guru diharapkan dapat menciptakan suasana proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan dan tidak monoton atau membosankan siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Bagi Siswa diharapkan meningkatkan kegiatan dalam belajar, misalnya dengan sering berlatih untuk menyampaikan pendapat dan bertanya dalam proses pembelajaran.
13105000680 | RIS e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain