Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL ACTIVE LEARNING TIPE MODELING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X IIS 2 Semester 1 SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Bahasan Sistem Ekonomi)
Kata Kunci: Efektivitas, Model Active Learning Tipe Modeling The Way, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Active Learning Tipe Modeling The Way Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS 2 Pokok Bahasan Sistem Ekonomi di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 180 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. sampel dalam penenelitian ini sebanyak 90 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X IIS 2 yang berjumlah 45 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 1 berjumlah 45 siswa sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan observasi. Dalam teknik pengumpulan data penulis memberikan tes kepada siswa yang menjadi sampel dalam penelitian berupa tes hasil belajar pokok bahasan sistem ekonomi yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 26 butir soal, dengan pilihan jawaban yaitu a, b, c, d, dan e untuk dikerjakan dalam waktu 60 menit. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data didapat thitung 5,639. Dengan derajat kebebasan (dk) = 45 + 45 - 2 = 88, dan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel sebesar 2,000. Berarti thitung > ttabel (5,639 > 2,000). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Kesimpulannya model active learning tipe modeling the way efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS 2 pokok bahasan sistem ekonomi di SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2014/2015.
Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini diantaranya bagi para guru dan calon guru serta praktisi pendidikan dalam upaya agar hasil belajar siswa meningkat secara keseluruhan perlu diberikan metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model active learning tipe modeling the way dalam proses belajar mengajar.
13105000990 | ILH e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain