Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP TINGKAT KEAKTIFAN SISWA KELAS XI DALAM MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Model pembelajaran Role Playing, Tingkat Keaktifan Siswa.
Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap tingkat keaktifan siswa kelas XI dalam mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap tingkat keaktifan siswa kelas XI dalam mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian dilaksanakan pada SMK PGRI 2 Taman. Metode penelitain menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ SMK 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 sejumlah 129 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data dalam pengujian hipotesis serta pembahasannya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap tingkat keaktifan siswa kelas XI dalam mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dari analisis data uji regresi yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 2,232. thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,232 > 2,048. Dengan hasil tersebut berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulakn bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap tingkat keaktifan siswa kelas XI dalam mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil dari penelitian maka saran yang dapat penulis sampaikan antara lain hendaknya guru menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran akan berjalan dengan lancer salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran role playing
13105001020 | KAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain