Skripsi
STUDI KOMPARASI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN METODE PENGHAFALAN DAN METODE SIMULASI PADA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Minat Belajar, Metode Penghafalan dan Metode Simulasi
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, yang memakai metode hafalan dan metode simulasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Penghafalan dalam mata pelajaran Ekonomi, untuk mengetahui Penerapan metode simulasi dalam mata pelajaran ekonomi, untuk mengetahui Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada metode hafalan, maupun metode simulasi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bojong Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XISMA N 1 Bojong Tahun 2014/2015 yang berjumlah 120 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 80 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah Minat Belajar yang menggunakan metode simulasi(X1) dan Minat Belajar yang menggunakan metode simulasi (X2). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus uji T, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, diperoleh nilai Thitung adalah 4.232 sedangkan Ttabeldengan taraf signifikan 5% adalah 2,68. Selanjutnya dari hasil perhitungan tersebut, dapat diketahui ternyata Thitung lebih besar dari Ttabel (4.232> 2.68). yang berarti Ho ditolak; dan Ha diterima. Jadi kesimpulan “Terdapat perbedaan minat belajar siswa mata pelajaran ekonomi antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran penghafalan dengan kelompok siswa yang di ajar dengan metode simulasi”
Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat perbedaan minat belajar siswa mata pelajaran ekonomi antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran penghafalan dengan kelompok siswa yang di ajar dengan metode simulasi.Saran bagi guru selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam perubahan tingkah laku.
13105000010 | SYA s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain