Skripsi
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci: Penerapan metode pembelajaran Mind Map, daya ingat siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Map Dapat Memperlihatkan Peningkatan Daya Ingat Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Muhammadiyah Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Margasari Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 43 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran mind map.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan observasi. Dalam teknik pengumpulan data penulis memberikan tes kepada siswa yang menjadi sampel dalam penelitian berupa tes hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal, denga pilihan jawaban yaitu a, b, c, d, dan e untuk dikerjakan dalam waktu 60 menit. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data didapat thitung 3,056. Dengan derajat kebebasan (df) = 20+20-2 = 38, dan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel sebesar 2,021. Berarti thitung > ttabel (3,056 > 2,021). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Kesimpulannya penerapan metode pembelajaran mind map dapat meningkatkan daya ingat siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi SMA Muhammadiyah Margasari Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
13105001040 | LUK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain