Skripsi
PENGARUH KONDISI SOSIAL KELUARGA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA PLUS HASYIM ASY’ARI PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Kondisi Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Melanjutkan Studi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kondisi sosial terhadap motivasi melanjutkan studi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Plus Hasyim Asy’ari Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 180.
Pengambilan sampel menggunakan teknik prosedur sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 25% dari seluruh populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian berupa angket diuji dengan menggunakan uji validitas product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis data statistik regresi product moment.
Hasil penelitian menunjukan kondisi sosial keluarga siswa dari sampel 45 diketahui : kategori baik 25 responden (55,55%), sedang 11 responden (24,44%), buruk 9 responden (20%). Data tersebut menunjukan kondisi sosial tergolung dalam kategori baik (55,55%).
Sedangkan motivasi melanjutkan studi dari 45 sampel diketahui: kategori baik 39 responden (86,66%), sedang 6 responden (13,33%), rendah 0 responden (0%). Data tersebut menunjukan motivasi melanjutkan studi tergolong dalam kategori baik (86,66%). Berdasarkan analisis statistik regresi diperoleh r_(xy=)0,78, untuk n= 45 taraf signifikan 5% diperoleh t_tabel=1,681 Karena thitung> ttabel yaitu 3,689 > 1,681 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Simpulan dari penelitian menunjukan ada pengaruh yang disignifikan antara kondisi sosial keluarga terhadap motivasi melanjutkan studi pada siswa kelas XII SMA Plus Hasyim Asy’ari Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran penulis untuk diharapkan pihak sekolah memberikan bimbingan, saran kepada siswa untuk memperoleh informasi pilihan dalam melanjutkan studi.
13105000960 | DWI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain