Skripsi
PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN TATA KRAMA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MA’ARIF NU DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Tata Krama
Penelitian ini tentang peranan dari guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan tugasnya sebagai konselor untuk meningkatkan tata krama dengan memberikan bantuan kepada peserta didik dalam mengatasi atau menghindari kesulitan-kesulitan dan memberi mencari solusi yang terbaik dari kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peranan Guru Bimbingan Konseling di SMP Ma’arif NU Dukuhwaru Kelas VII Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Tata Krama Peserta Didik kelas VII SMP Ma’arif NU Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. 3) sejauh mana Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Tata Krama Peserta Didik kelas VII SMP Ma’arif NU Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian non eksperimen, desain penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Ma’arif NU Dukuhwaru Tahun 2014/2015 berjumlah 54 Peserta didik, sampel diambil 30 peserta didik yang bermasalah dalam bertatakrama dan menjadi sampel penelitian, Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus korelasi product moment.
Dari hasil perhitungan dengan analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung 0,736 kemudian dikonsultasikan dengan rtabel product moment dengan N sebesar 30, untuk taraf signifikan 5% sebesar 0,361, maka hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak ada peran yang signifikan guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan Tata Krama peserta didik Kelas VII SMP Ma’arif NU Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015” dinyatakan ditolak, rhitung > rtabel : 0,736>0,361 maka hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada peran yang signifikan guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan Tata Krama peserta didik Kelas VII SMP Ma’arif NU Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015” dinyatakan diterima.
Adanya peranan guru bimbingan dan konseling diharapkan guru BK dapat mengarahkan semua guru dan peserta didik untuk bertata krama dalam bertutur kata dan bertindak dalam beraktifitas sehari-hari terutama di sekolah.
11105001170 | PUT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain