Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR RENDAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Motivasi Belajar Rendah, Konseling Kelompok
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat motivasi belajar rendah peserta didik yang cukup tinggi di SMA N 1 Balapulang. Permasalahan tesebut memberikan dampak yang buruk, yaitu menurunnya prestasi belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar rendah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Balapulang.
Untuk mendukung penelitian ini maka diketengahkan teori tentang pengertian, tujuan, fungsi dan tahap - tahap konseling kelompok serta teori tentang pengertian, fungsi, jenis, ciri – ciri motivasi belajar.
Sebagai populasi adalah seluruh peserta didik kelas X, yang kemudian diambil 10 peserta didik sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentasesetiap variabelnya. Sedangkan untuk mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar rendah menggunakan analisi uji t.
Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan 1) tingkat motivasi belajar rendah peserta didik sebelum pelaksanaan layanan konseling keompok menunjukan bahwa skor persentase terbanyak 5 peserta didik atau sejumlah 50% yaitu dalam kriteria kurang baik 2) tingkat motivasi belajar rendah peserta didik setelah pelaksanaan layanan konseling kelompok menunjukan bahwa skor persentase terbanyak 4 peserta didik atau sejumlah 40% yaitu dalam kriteria sangat baik 3) hasil perhitungan analisi ujit diperoleh thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat dinyatakan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar rendah.
Berdasarkan hasil simpulan maka saran dari penulis, guru pembimbing agar lebih intensif dan merata dalam memberikan layanan konseling kelompok kepada peserta didik khususnya yang memiliki motivasi belajar rendah, sehingga kegiatan layanan konseling kelompok tersebut dapat dijadikan sebagai sarana peningkatanrasa motivasi belajar peserta didik.
11105002020 | SAE e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain