Skripsi
HUBUNGAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS VII MTS ASY-SYAFI’IYYAH JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Perkembangan Kepribadian, Konseling Individu
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik kelas VII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes terhadap perkembangan kepribadian. Hal ini dapat di identifikasikan dengan kurangnya berperilaku positif dalam ruang lingkup sekolah maupun di luar sekolah .
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Hubungan Konseling Individu dengan Perkembangan Kepribadian peserta didik kelas VII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.
Landasan teori dalam penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis:“Ada Hubungan Konseling Individu dengan Perkembangan Kepribadian peserta didik kelas VII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.”
Populasi penelitian sebanyak 326 peserta didik, teknik sampling menggunakan purposive sampling, dan terdapat 32 peserta didik yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, dokumentasi dan wawancara, uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil analisis deskriptif variabel X dari skor angket 32 peserta didik yang menjadi subjek penelitian, dapat diketahui tingkat konseling individu di MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang terdapat 9 peserta didik dalam kriteria tinggi atau (28,13%). Sedangkan analisis deskriptif variabel Y dari hasil skor angket yang diperoleh dari 32 peserta didik yang menjadi subjek penelitian, terdapat 9 peserta didik atau (28,13%) dalam kriteria sangat tinngi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy sebesar 0,915. Nilai rxy ini kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikasi 5% dengan jumlah sampel 32, dan diperoleh rtabel = 0,349, maka rxy> rtabel atau 0,915 > 0,349 yang berarti hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima yang artinya “Ada Hubungan konseling individu dengan perkembangan kepribadian peserta didik kelas VII MTs Asy- Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.
Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan konseling individu dengan perkembangan kepribadian peserta didik kelas VII MT.s Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes. Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan konseling individu sosial guna mengembangkan kepribadian peserta didik untuk lebih baik lagi.
11105002590 | SUT h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain