Skripsi
PERAN KONSELING INDIVIDU BERPUSAT PADA KLIEN (CLIENT CENTERED THERAPY) DALAM MENGURANGI KECEMASAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 LARANGAN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Kecemasan, Konseling individu berpusat pada klien
Latar belakang dalam penelitian ini adalah disinyalir masih tingginya tingkat kecemasan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada peran layanan konseling individu berpusat pada klien (client centered therapy) dalam mengurangi kecemasan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada efektifitas peran layanan konseling individu berpusat pada klien (client centered therapy) dalam mengurangi kecemasan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014..
Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 35 peserta didik dari total keseluruhan populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala berupa skala kecemasan peserta didik dengan menggunakan empat alternatif pilihan yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Metode penelitian yang digunakan dalam mencari dan menentukan validitas menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil uji validitas skala psikologis kecemasan peserta didik dari 20 butir pernyataan terdapat 16 butir yang valid.
Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis statistik dengan rumus Uji-t. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus Uji-t (t-test) dapat diketahui bahwa hasil t hitung> t tabel dengan taraf signifikan 5% yang mana dapat dikatakan juga bahwa thitung> ttabel dengan skor 0,777> 0,374. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu berpusat pada klien (client centered therapy) efektif terhadap mengurangi kecemasan peserta didik diterima pada taraf signifikan 5% .
Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru pembimbing memberikan layanan konseling individu berpusat pada klien (client centered therapy) secara optimal untuk mengurangi kecemasan yang dialami peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014.
11105000120 | AKH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain