Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KEPUTUSAN STUDI LANJUT PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Bimbingan Karir, Keputusan Studi Lanjut
Peserta didik SMP yang relatif masih remaja yang usianya berkisar antara 12-15 tahun, dalam membangun masa depannya atau cita-cita karirnya akan tergantung pada tingkat pemahaman tentang studi yang dipilihnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran layanan bimbingan karir terhadap peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) Untuk mengetahui pengambilan keputusan studi lanjut pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015, (3) Untuk mengetahui peran layanan bimbingan karir terhadap keputusan studi lanjut pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah non-eksperimental, dalam penelitian ini tanpa menggunakan treatment. Jadi peneliti hanya menguji hipotesis yang sudah dibuat. Subyek penelitian peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 40 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan peran layanan bimbingan karir pada peserta didik adalah: kategori sangat buruk 4 respoden (10,00%), buruk 1 responden (2,50%), sedang 7 responden (17,50%), cukup 14 responden (35,00%), baik 8 responden (20,00%) dan sangat baik 6 responden (15,00%). Dengan demikian kondisi tersebut menunjukan bahwa peran layanan bimbingan karir terhadap keputusan studi lanjut di SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 tergolong dalam kategori Cukup (35,00%). Sedangkan keputusan studi lanjut adalah: kategori sangat rendah 2 respoden (5,00%), rendah 2 responden (5,00%), sedang 8 responden (20,00%), cukup 10 responden (25,00%), tinggi 15 responden (37,50%) dan sangat tinggi 3 responden (7,50%). Dengan demikian kondisi tersebut menunjukan bahwa keputusan studi lanjut di SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 tergolong dalam kategori Tinggi (37,50%). Berdasarkan hasil analisis Korelasi product moment diperoleh rhitung = 0,931 yang dikonsultasikan rtabel dengan N = 40 pada taraf signifikan 5% = 0,312, maka diperoleh rhitng 0,931 > rtabel 0,312. Sehingga Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Simpulan dari penelitian menunjukan ada peran yang signifikan layanan bimbingan karir terhadap keputusan studi lanjut pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
11105002050 | SIN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain