Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Layanan Konseling Kelompok dan Penyesuaian diri
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok pada peserta didik, (2) Penyesuaian diri Peserta Didik dan (3) Tingkat efektifitas Layanan konseling kelompok terhadap penyesuaian diri dalam lingkungan sekolah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan (1)Layanan Konseling Kelompok pada peserta didik, (2) Penyesuaian diri Peserta Didik dan (3) efektifitas Layanan konseling kelompok terhadap penyesuaian diri dalam lingkungan sekolah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2014/2015.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Ulujami Tahun 2014/2015 yang berjumlah 200 peserta didik, adapun sampel sejumlah 40 peserta didik. Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah Cluster Quota Random Sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah konseling kelompok (variabel bebas) dan penyesuaian diri (variabel terikat). Alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan deskriptif prosentase dan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, diperoleh nilai rxy = 0,597. hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 40 taraf signifikan 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0.597 > 0.444. dengan analisa data tersebut, ini berarti Ada Hubungan yang signifikan antara Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Terhadap Penyesuaian Diri Dalam Lingkungan Sekolah Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Saran bagi guru agar selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam perubahan tingkah laku, maka pelaksanaannya perlu ditingkatkan menjadi kategori tinggi konstribusinya adalah 59,7% sedangkan 40,3% dipengaruhi factor lain.
11105002100 | VID e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain