Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENGENTASAN MASALAH HUBUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014
Kata kunci : Layanan bimbingan kelompok, interaksi sosial, teman sebaya
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas X TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014, untuk mengetahui ragam masalah hubungan sosial teman sebaya yang dialami oleh peserta didik dan Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari peran layanan bimbingan kelompok terhadap pengentasan masalah hubungan sosial teman sebaya yang dialami oleh peserta didik kelas X SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi peniltian ini adalah peserta didik kelas X TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 3 kelas dengan 144 peserta didik dan mengambil sampel sebanyak 20% dari subyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket (kuesioner), interview dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi persentase, korelasi product moment, dan Alpha Cronbach. Sebelumnya instrument diuji menggunakan uji validasi dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok di SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/ 2014 di kategorikan cukup. Tingkat Hubungan sosial teman sebaya di SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/ 2014 di kategorikan rendah. Hasil analisis korelasi kedua variabel dengan menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh r_xy sebesar 0,372. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan pada r_(tabel ) dengan jumlah responden (N) = 30 taraf signifikasi 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,372 > 0,361. Jadi simpulannya adalah terdapat peran bimbingan kelompok terhadap pengentasan masalah hubungan sosial teman sebaya pada peserta didik kelas X TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Berdasarkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian yang penulis laksanakan, bahwa peran bimbingan kelompok terhadap pengentasan masalah hubungan social teman sebaya sangat efektif dan signifikan.
Pernyataan di atas mengandung pengertian bahwa bimbingan kelompok merupakan kegiatan yang sangat penting diberikan kepada peserta didik agar peserta didik dapat memiliki kemampuan dalam berhubungan sosial yang baik dengan teman- teman sebayanya.
11105001430 | SIT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain